PEMANFAATAN
E-BUSINESS DALAM DUNIA BISNIS
“PABRIK MOBIL
MAINAN”
Disusun Oleh :
Pratama Eiswanto (13.0101.0022)
Manajemen A
Universitas
Muhammadiyah Magelang
Fakultas Ekonomi
Tahun Akademik
2014/2015
Kata pengantar
Puji
syukur kehadirat Allah yang maha kuasa atas segala limpahan rahmat, inayah, taufik,
serta hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan Makalah tugas perkuliahan “E-Business”. Tugas makalah
dalam perkuliahan ini saya akui masih sangat banyak kekurangan di dalamnya, oleh
karena itu saya harapkan penilaian dari Bapak
Barka selaku dosen pengampu mata kuliah E-Business untuk memberikan
masukan-masukan yang membangun untuk tercapainya belajar mengajar yang baik.
Bab
I
Pendahuluan
a. Latar belakang
Dalam
dunia bisnis pada masa sekarang banyak perusahaan berkembang yang muncul dengan
karya produk yang cukup berkualitas. Akan tetapi masih juga ada perusahaan yang
belum mengenalkan produk yang dihasilkan dengan menggunakan layanan internet
kepada masyarakat. Semakin maraknya perkembangan teknologi saat ini membuat
manusia berpikir untuk menciptakan segala sesuatunya supaya bisa dilakukan
secara praktis menghewat waktu dan biaya. Di dunia maya, setiap individu
mempunyai hak dan kewajiban untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa ada
batasan apapun yang menghalanginya. Dengan adanya mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu
menyediakan layanan barang dan jasa secara cepat sesuai permintaan konsumen.
Untuk itu kini muncul transaksi yang menggunakan media internet sebagai
penghubung antara produsen dan konsumen. Transaksi melalui internet lebih
dikenal dengan nama e-business dan e-commerce. Oleh karena itu setiap manusia
mempunyai peluang yang sama untuk bersaing dan berbisnis di dunia maya.
b. Rumusan masalah
1. Infrastuktur
apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk memulai usaha bisnis mobil
mainan ?
2. Berapa
banyak biaya dan biaya apa saja yang dibutuhkan untuk pengadaan infrasruktur
yang dibutuhkan oleh perusahaan ?
3. Apa
rancangan desain website yang tepat untuk dijalankan oleh perusahaan ?
c. Tujuan penulisan
Penulisan
makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas E-business dan sebagai syarat
mengikuti ujian tengah semester. Serta untuk menganalisis pemasaran dalam
pabrik mobil mainan apakah sudah menggunakan layanan e-business atau belum
d. Manfaat
Penulisan
makalah ini bermaksud untuk meningkatkan pengetahuan baik bagi penulis maupun
pembaca tentang e-business dan mampu menjelaskan serta mempraktekkan segala
bentuk yang berhubungan dengan penggunaan layanan internet atau hal-hal tentang
e-business.
e. Metode
Penulis
menggunakan metode studi pustaka dan wawancara yang dilakukan di pabrik mobil
mainan. Yang dimaksud dengan studi pustaka adalah suatu pengumpulan data dengan
cara membaca mengenai e-business. Sedangkan metode wawancara adalah pengumpulan
data atau penelitian antara penulis dengan narasumber/responden secara lisan dengan
tujuan menjawab suatu permasalahn.
Bab
II
Landansan
Teori
Fenomena
e-business tidak dapat disangkal telah menjadi tren yang mewarnai aktivitas
bisnis di negara-negara maju maupun berkembang. Konsep baru yang berkembang
karena kemajuan teknologi informasi dan berbagai paradigma bisnis baru ini
dianggap sebagai kunci sukses perusahaan-perusahaan di era informasi dan di
masa-masa mendatang. Sekarang banyak eksekutif bisnis melihat teknologi
informasi sebagai pemberi kesempatan untuk e-commerce, dan untuk mengatur
fungsional silang dan interorganisasi proses e-business dari unit bisnis
mereka. Internet, extranet, dan web merupakan interconnecting individual, tim,
unit bisnis, dan partner bisnis dalam hubungan bisnis tertutup yang
mempromosikan komunikasi, kolaborasi, dan pembuat keputusan yang diperlukan
dalam pasar global.
Menurut O’Brien
(2005) menjelaskan bahwa e-business adalah penggunaan internet dan jaringan
serta teknologi informasi lainnya untuk mendukung e-commerce, komunikasi dan
kerjasama perusahaan, dan berbagai proses yang dijalankan melalui web, baik
dalam jaringan perusahaan maupun dalam para pelanggan serta mitra bisnisnya.
Lebih lanjut O’Brien menjelaskan bahwa saat ini banyak perusahaan yang telah
berpindah dari sistem warisan berbasis mainframe ke aplikasi klien/server
lintas fungsi dengan melibatkan pemasangan software enterprise resource
planning, supply chain management, atau customer relationship management dari
SAP America, PeopleSoft, Oracle, dan perusahaan-perusahaan lain.
Sementara
menurut Mohan Sawhney mendefinisikan e-business sebagai : “The use of
electronic networks and associated technologies to enable, improve, enhance,
transform, or invent a business process or business system to create superior
value for current or potential customers”. Secara prinsip definisi tersebut
jelas memperlihatkan bagaimana teknologi elektronik dan digital berfungsi
sebagai medium tercapainya proses dan sistem bisnis (pertukaran barang atau
jasa) yang jauh lebih baik dibandingkan dengan cara-cara konvensional, terutama
dilihat dari manfaat yang dapat dirasakan oleh mereka yang berkepentingan atau
stakeholder.
Bab
III
Pembahasan
1. Infrastruktur
yang dibutuhkan perusahaan dalam penggunaan e-business
Dalam
suatu usaha sesorang harus mempunyai
keyakinan yang tinggi dan berani mengambil resiko. Sekaligus dalam suatu usaha,
perusahaan juga harus mempunyai infrastruktur yang tepat dan memadai untuk
menunjang bisnis yang dijalani dan juga untuk bersaing dengan bisnis-bisnis
yang lain. Dalam bisnis dengan menggunakan layanan internet produk yang di
hasilkan akan jauh lebih mudah dikenal oleh masyarakat, berbeda dengan
perusahaan yang tidak menggunakan layanan internet. Infrastruktur yang utama
harus dimiliki oleh perusahaan adalah jaringan internet. Jaringan internet ini
dapat didukung dengan adanya seperangkat komputer/laptop, telephon, user, dan
softwere search engine seperti google chrome, mozilla firefox, opera mini dan
internet explorer. Semua infrasruktur ini digunakan untuk melancarkan bisnis
yang dijalankan. Untuk dapat masuk ke dalam jaringan internet perusahaan dapat
menggunakan modem atau WiFi. Dengan adanya telepon rumah kita dapat membuat
jaringan Wifi seperti menggunakan speedy. Adanya jaringan internet yang lebih
cepat akan lebih membantu melancarkan bisnis suatu perusahaan.
Selain
kita membutuhkan jaringan internet yang tepat kita juga membutuhkan user yang
dapat mengoprasikan suatu komputer/laptop. Dalam pemilihan user perusahaan
tidak boleh asal-asalan. User ditekankan dapat menjalankan komputer/laptop dan
juga benar-benar mengerti tentang komputer/laptop. Karena dalam hal ini user
sangat penting dan berperan penuh dalam suatu bisnis. User yang baik akan
menguntungkan perusahaan, sedangkan user yang buruk akan menghambat jalannya
bisnis.
Dalam
berbisnis di internet, perusahaan juga membutuhkan software search engine.
Software ini digunakan untuk mengoprasikan suatu usaha dan untuk mengakses
website tempat kita memasarkan produk.
2.
Biaya infrastruktur
yang dibutuhkan oleh perusahaan
Biaya
yang di butuhkan pabrik mobil mainan untuk membeli infrastruktur yang perlu
digunakan perusahaan untuk membangun bisnis yang berbasis internet cukuplah
besar. Sebagai rinciannya adalah sebagai berikut :
No
|
Infrastruktur
|
Harga
|
Keterangan
|
1
|
Laptop "SAMSUNG"
|
Rp. 4.500.000,00
|
Garansi 1 tahun
|
2
|
Instalasi Software
|
Rp. 1.500.000,00
|
Sitem operasi
|
3
|
WiFi
|
Rp. 225.000,00
|
Menggunakan Speedy
|
4
|
Paket Internet
|
Rp. 650.000,00
|
Kuota 10Mbps dan dalam jangka 1 bulan
|
5
|
Listrik
|
Rp. 125.000,00
|
Jangka waktu per bulan
|
6
|
Website ".co.id"
|
Rp. 110.000,00
|
Web untuk bisnis
|
7
|
Hosting
|
Rp. 540.000,00
|
Biaya pertahun ( min. Kontrak tiga bulan )
|
8
|
Jasa SEO
|
Rp. 5.000.000,00
|
Persaingan tinggi
|
|
Jumlah
|
Rp. 12.650.000,00
|
|
3.
Rancangan desain
websete yang tepat untuk perusahaan
Dalam
bisnis online sebaiknya perusahaan membuat web semenarik mungkin. Web yang
bagus akan memperlancar bisnis kita, karena tergantung dari ketertarikan atau
tidaknya seseorang atau konsumen berkunjung ke web kita. Oleh sebab itu, desain
website untuk pabrik mobil mainan saya mengusulkan untuk memberikan segala
informasi produk yang ditawarkan di dalam web perusahaan yang sudah dibuat.
Pabrik mobil mainan dapat mengisikan profil perusahaan, seperti nama
perusahaan, alamat lengkap, nomor telepon, dan email yang dapat dihubungi.
Dengan adanya profil yang lengkap akan mempermudah konsumen untuk berkomunikasi
dengan perusahaan dan membangun kepercayaan terhadap konsumen, serta
menghilangkan rasa keraguaan terhadapat calon pembeli.
Pabrik
mobil mainan juga dapat mencantumkan login, yaitu aplikasi yang dapat digunakan
oleh pembeli untuk mendaftar sebagai pembeli di website tersebut atau sebagai
member. Sehingga perusahaan dapat mengetahui identitas dari konsumen. Hal
tersebut digunakan agar tidak terjadi miskomunikasi. Selain itu perusahaan juga
dapat memberikan desain website seperti basket, yang berguna untuk melihat
barang apa saja yang telah dipilih konsumen untuk dibeli. Sehingga mempermudah
identifikasi proses jual beli, serta konsumen dapat mengecek apakah barang yang
dibeli sudah masuk dalam list pembelian atau belum. Sehinnga tidak terjadi
kesalahan pembayaran maupun pengiriman.
Selanjutnya
pabrik mobil mainan juga dapat mengisikan produk apa saja yang ditawarkan
beserta foto barang dan harga jual setiap produk. Hal tersebut bertujuan untuk
mempermudah konsumen memilih produk yang akan debi. Desain web yang lainnya
adalah aplikasi chatting. Aplikasi ini memungkinkan konsumen dan penjual mudah
mengobrol. Konsumen dapat bertanya lebih jauh tentang produk yang ada dan
penjual dapat menjelaskannya lebih detail.
Bab
IV
Penutup
A.
Kesimpulan
Dalam
usaha bisnis, perusahaan harus mampu meningkatkan persaingan bagus dan lebih
maju untuk memajukan perusahaan tersebut. Untuk itu perusahaan membutuhkan
infrastruktur yang tepat dan bagus. Dengan adanya infrastruktur yang memadai
akan memperlancar bisnis perusahaan tersebut. Dapat dilihat dari pabrik mobil
mainan, perusahaan harus mampu mengeluarkan biaya kurang lebih Rp.
12.650.000,00 untuk memenuhi infrastruktur yang dibutuhkan oleh perusahaan
dalam pembangunan bisnis online.
B.
Saran
Dengan
rincian biaya cukup besar, saya mengusulkan pabrik mobil mainan agar sedikit-sedikit
mengumpulkan dana untuk membeli infrastruktur yang dibutuhkan. Sekaligus
mempercepat pembuatan alamat website perusahaan agar cepat dikenal di
masyarakat.
Bab
V
Daftar
Pustaka
1.
O’Brien James A; Pengantar Sistem Informasi, Edisi 12, Penerbit Salemba Empat,
Jakarta, 2005
2.
Richardus,E.I, Konsep dan Aplikasi e_Business, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar