Di Internet, B2B (business-to-business), juga dikenal sebagai e-biz , adalah pertukaran produk, jasa atau informasi (alias e-commerce ) antara perusahaan, bukan antara perusahaan dan konsumen.
Meskipun minat awal berpusat pada pertumbuhan ritel di Internet (kadang-kadang disebut e-tailing ), perkiraan telah memperkirakan bahwa pendapatan B2B akan segera jauh melebihi bisnis-ke-konsumen (B2C) pendapatan.
B2B website dapat diurutkan ke dalam kategori berikut:
- Website perusahaan. Target audiens dari banyak situs perusahaan adalah perusahaan lain dan karyawan mereka. Situs-situs tersebut dapat dianggap sebagai round-the-clock mini-trade pameran. Kadang-kadang, sebuah website perusahaan berfungsi sebagai pintu masuk ke eksklusif extranet , hanya tersedia untuk pelanggan atau pengguna situs terdaftar. Beberapa situs perusahaan menjual langsung dari situs, efektif e-tailing ke bisnis lain.
- Pasokan produk dan pengadaan pertukaran. Ini adalah pertukaran di mana sebuah perusahaan agen pembelian dapat berbelanja untuk pasokan dari vendor , proposal permintaan dan, dalam beberapa kasus, upaya untuk melakukan pembelian pada harga yang diinginkan. Kadang-kadang disebut sebagai e-procurement situs, beberapa melayani berbagai industri, sementara yang lain fokus pada ceruk pasar.
- Khusus atau industri vertikal portal. Portal ini menyediakan "sub-web" informasi, daftar produk, kelompok diskusi dan fitur lainnya. Vertical Portal situs memiliki tujuan yang lebih luas daripada situs pengadaan (meskipun mereka juga dapat mendukung pembelian dan penjualan).
- Percaloan situs. Situs ini bertindak sebagai perantara antara penyedia dan pelanggan potensial yang membutuhkan jasa mereka, seperti peralatan leasing.
- Situs informasi. Kadang-kadang dikenal sebagai infomediaries , situs ini memberikan informasi tentang industri tertentu kepada perusahaan dan karyawan mereka. Informasi situs termasuk situs pencarian khusus dan orang-orang dari organisasi perdagangan-dan-standar industri.
Banyak situs B2B jatuh ke lebih dari satu dari kelompok-kelompok ini. Model untuk situs B2B masih berkembang .
Tipe lain dari perusahaan B2B adalah perangkat lunak untuk membangun website B2B, termasuk alat situs-bangunan dan template, basis data dan metodologi, serta transaksi perangkat lunak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar